Manfaat Suntik Vitamin C

Vitamin C tidak hanya membuat tubuh bugar dan tahan serangan penyakit, tetapi juga membuat kulit sehat dan cantik. Ini karena vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, antioksidan, antiaging, menghambat pembentukan melanin, serta memperkuat dinding pembuluh darah kecil (kapiler) yang mampu membuat kulit lebih kencang, kenyal, dan mulus.

Namun, vitamin C tidak diproduksi tubuh sehingga untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin ini Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau suplemennya (tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, cairan, atau serbuk). Dari luar, vitamin C dapat bekerja langsung pada kulit dalam bentuk krim atau serum yang dioleskan.

Pilihan lainnya adalah melalui suntik vitamin C. Yang terakhir ini banyak diminati karena dinilai dapat segera memberikan efek bagi tubuh. Meski begitu, tidak semua orang memberikan reaksi yang sama setelah disuntik vitamin C. Jika tubuh tidak mampu menyerap dengan baik vitamin C yang disuntikkan langsung ke pembuluh darah, maka manfaat vitamin C yang didapat pun tidak optimal.

Banyak manfaatnya
Pada dasarnya, kebutuhan orang dewasa akan vitamin C adalah 60 mg per hari. Berikut 5 manfaatnya:

1. Sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas akibat paparan sinar matahari, polusi, dan rokok. Radikat bebas merupakan salah satu penyebab kulit kusam.

2. Sebagai antiaging (antipenuaan dini), karena vitamin C dapat merangsang pertumbuhan sel fibroblas di kulit bagian dalam, selain memperbanyak produksi kolagen. Dengan demikian, kulit dapat tetap kenyal, kencang, serta terhindar dari kerutan-kerutan wajah sebelum waktunya.

3. Memberi efek langsung dalam stimulasi pembentukan kolagen pada kulit, sehingga vitamin C dosis tinggi dapat mempercepat penyembuhan luka atau proses setelah tindakan perawatan. Pasien juga merasa lebih segar dan fit (karena vitamin C memperkuat sistem imunitas) dan pada beberapa pasien kulit jadi tampak lebih cerah.

4. Mengurangi flek-flek akibat penuaan dini pada kulit dengan cara menghambat pembentukan melanin.

5. Mampu mencegah timbulnya memar di kulit dengan memperkuat dinding pembuluh darah kecil (kapiler).

Catatan: Manfaat vitamin C pada kulit (seperti disebut di atas) akan terjadi bila kadar vitamin C yang mencapai kulit dalam konsentrasi cukup.

sumber kompas female

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s