Kebiasaan Buruk Pemicu Jerawat di 7 Area

KOMPAS.com – Jika jerawat pada wajah menganggu perempuan karena merusak penampilan, lain lagi dengan jerawat di bagian tubuh lainnya. Meski tak terlihat, timbulnya jerawat di luar area wajah menimbulkan ketidaknyamanan bahkan mengganggu aktivitas. Seperti pada bahu, dada bagian atas, punggung bagian atas, leher, lengan atas, hingga bokong.

Jerawat juga bintik merah menyerupai jerawat bisa muncul di leher, dada bagian atas, punggung, bahkan bokong. Kebiasaan buruk dalam perilaku keseharian, juga penggunaan obat-obatan tertentu, hingga pemakaian perawatan tubuh yang tidak cocok dengan kulit, bisa menjadi pemicunya.

Dermatolog, dr Tina Wardhani Wisesa SpKK, mengatakan jerawat dan bintik merah menyerupai jerawat yang muncul luar area wajah disebabkan karena sejumlah faktor.

“Kalau di leher atau kulit kepala, ini perluasan dari jerawat biasa pada wajah. Kalau di dada, punggung, juga bokong penyebabnya bisa beberapa hal. Bisa karena konsumsi obat tertentu, penggunaan body spray pada kulit yang tak kuat dengan bahan kimia tertentu, juga kebiasaan buruk yang menyebabkan sumbatan keringat atau minyak pada area berjerawat,” jelasnya di sela  Media Workshop bersama Papulex di Madeleine Bistro, Kemang, Jakarta, Rabu (17/10/2012).

Menurut dr Tina, kebiasaan harian dalam membersihkan wajah, badan dan pakaian, berpengaruh terhadap muncul jerawat di tujuh area tubuh ini. “Untuk mengatasinya perlu diketahui terlebih dahulu, apa penyebabnya. Apakah karena makanan tertentu, atau konsumsi obat seperti vitamin pembentukan otot yang bisa memunculkan bintik merah seperti jerawat. Atau kebiasaan yang salah terkait kebersihan pakaian dan badan untuk jerawat di area selain wajah,” jelasnya.

Selain faktor makanan atau obat, dr Tina menyebutkan, kebiasaan yang keliru pemicu timbulnya jerawat dan bintik merah menyerupai jerawat di luar area wajah di antaranya:
* Menggunakan pakaian dalam berhari-hari, atau baju lebih dari sekali. Sehingga membuat keringat atau kotoran yang menempel di baju berpindah ke kulit, dan memicu kelenjar minyak.
* Malas mandi malam sepulang beraktivitas, sehingga sisa keringat dan minyak tersumbat.
* Pemakaian baju, celana, juga pakaian dalam yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat.
* Memakai baju baru beli tanpa dicuci.

“Beberapa kebiasan yang salah bisa menimbulkan jerawat atau bintik merah menyerupai jerawat, pada punggung, dada, dan area lainnya, karena kelembaban kulit tinggi. Bintik merah bisa hilang dengan digosok bersih saat mandi misalnya. Namun jika terinfeksi membutuhkan pengobatan,” jelasnya.

Perawatan jerawat pada tujuh area tubuh ini bergantung pada penyebabnya. Bisa diatasi dengan perawatan tubuh dasar, yakni membersihkan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Atau jika diperlukan, harus mengonsumsi obat tertentu.

Sebaiknya konsultasikan dengan ahli masalah kulit pada area tubuh ini agar Anda mendapatkan perawatan tepat. Cara lainnya, lakukan pencegahan, dengan rutin membersihkan kulit di bagian tubuh mana pun dan mulai menjalankan kebiasaan sehat untuk kulit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s