Menjaga Kesehatan Kulit Selama Puasa

KOMPAS.com – Berpuasa bukan berarti lemas dan loyo. Agar selalu terlihat segar di bulan puasa, tak ada salahnya jika kita menyiapkan kebutuhan vitamin sehingga kesehatan tetap prima.

Siang hari, cairan di tubuh kita banyak menguap. Akibatnya, kulit menjadi kering dan wajah kusam, terutama pada wanita berusia 35 tahun ke atas. Hal ini disebabkan kandungan kolagen dalam kulit sudah menipis. Namun, jangan khawatir. Kulit kita tetap bisa sehat dan terbebas dari kekringan tanpa kemudian meninggalkan ibadah.

Bagaimana caranya? Ada beberapa jenis vitamin esensial yang dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit selama menjalankan ibadah puasa. Vitamin tersebut tak hanya berupa obat-obatan yang kita minum, tetapi sayur-mayur dan buah-buahan.

Vitamin tersebut bisa membantu memperlambat kerusakan kulit dan memperbaiki kondisi kulit karena perubahan hormon seiring bertambahnya usia. Berikut beberapa vitamin penting untuk kesehatan kulit saat menjalankan ibadah puasa.

Vitamin A
Sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Karena itulah, vitamin A dijuluki vitamin antipenuaan. Julukan ini tidak berlebihan karena senyawa yang terkandung di dalamnya dapat membantu produksi kolagen yang dapat mempertahankan kekenyalan dan elastisitas kulit. Vitamin A juga mempercepat regenerasi sel kulit sehingga pigmentasi dan kulit kering bisa teratasi.

Vitamin C
Selain membantu merawat kesehatan kulit, vitamin C (asam askobat) juga mengandung zat antioksidan. Zat ini dapat mengeluarkan zat radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Vitamin C memacu regenerasi sel kulit sehingga terlihat bersih dan bersinar.

Vitamin E
Berperan menjaga kehalusan dan elastisitas kulit, menguatkan jaringan kolagen, dan memperlambat proses penuaan dini. Vitamin E juga berperan meremajakan sel-sel kulit. Berkat peran besar yang diemban, vitamin E mendapat predikat vitamin antiaging. Vitamin ini sangat baik untuk berusia mereka yang berusia 35 tahun ke atas. Di usia ini, produksi hormon estrogen yang berfungsi menjaga elastisitas dan Kelembapan kulit sudah mulai menurun.

Konsumsi Suplemen
Kebutuhan vitamin memang sulit terpenuhi bila kita hanya mengandalkan dari makanan saja. Salah satu solusi tepat, kita juga harus mengonsumsi suplemen vitamin secara tepat dan teratur. Konsultasikan ke dokter agar dosis vitamin yang dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh dan jangan lupa perbanyaklah selalu minum air putih agar kulit terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan kulit kusam dan kering.

Perawatan Luar
Gunakan juga rangkaian produk kecantikan yang mengandung nutrisi tepat bagi kulit untuk wanita 35+ mulai dari pelembap, krim malam, krim mata, masker, body lotion, yang semuanya ini diperkaya beragam vitamin. Mulai saat ini, rawatlah kecantikan kulit dari luar dan dalam. (Ita Adan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s