Perawatan Kulit Berkerut

Perawatan Kulit Berkerut dapat anda lakukan tanpa harus pergi ke salon kecantikan. Kulit cerah bersinar dan sehat, biasanya akan mulai pudar disaat memasuki usia 35 tahun keatas. Tapi, hal itu dapat dicegah, jika kita rajin merawat kulit. Dengan perawatan yang teratur tampilan kulit akan terlihat muda seperti saat berada diusia 20 tahunan. Kulit sehat, segar, dan terlihat muda akan dapat diperoleh dengan diet yang sehat dan meluangkan sedikit waktu untuk melakukan perawatan. Seiring bertambahnya usia ( dimulai di usia 35 tahun ) kulit akan mulai mengalami perubahan. Perubahan tersebut diantaranya, timbulnya kerutan, kulit mulai mengendur karena berkurangnya kekencangan dan kekuatan kulit, timbul bintik-bintik coklat sebagai tanda penuaan, kelembaban kulit mulai berkurang. Kulit keriput dan kendur terjadi karena kurangnya produksi kalogen dan elastin ( elastin adalah protein yang membuat kulit jadi elastis ). Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit, perubahan pigmen yang ditandai timbulnya bintik-bintik coklat dan pertumbuhan kulit non kanker ( misal tahi lalat ).

Keadaan tersebut di atas biasa disebut dengan penuaan dini. Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit, dan wanita diatas usia 35 tahun sangat mudah terkena resiko ini. Efek lain dari paparan sinar matahari adalah kulit jadi kasar dan kering. Karena itu biasakan memakai tabir surya SPF 30 atau lebih tinggi , bukan hanya disaat matahari lagi bersinar tapi dalam segala kondisi cuaca di saat siang hari atau saat matahari belum terbenam. Selain itu batasi paparan sinar matahari lansung pada kulit terutama pada pukul 10.00-15.00, karena di jam itu paparan sinar ultra violet sangat kuat.

Hal-hal yang dapat dilakukan agar kulit tetap sehat dan segar antara lain, biasakan mengkonsumi makanan yang dapat menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.

Makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah:

*Alpukat dan telur. Alpukat dan telur dapat membantu memperbaiki kulit kering karena mengandung biotin.

*Tomat. Dalam tomat terkandung antioksidan yaitu likopen dan carotenoid yang dapat melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel, termasuk sel kulit, dengan mengkonsumsi tomat proses penuaan kulit dapat diperlambat. *Delima. Delima membantu meningkatkan produksi kalogen yang membuat elastisitas kulit meningkat.

*Salmon. Selain mengandung carotenoid, salmon juga mengandung astaxanthin yang dapat mengurangi garis-garis halus pada kulit.

Selain cara tersebut di atas, perawatan kulit di klinik kecantikan seperti chemical peeling juga dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, sehingga kulit menjadi lebih segar dan terlihat lebih muda. Biasakan juga menggunakan pelembab setiap hari dan krim nutrisi di malam hari. Gunakan pelembab atau krim sesuai jenis kulit. Dan rawat kulit sesuai kebutuhan, karena perawatan yang terbaik adalah perawatan yang sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s