Scrubbing untuk Usia 35+

Scrubbing untuk Usia 35+

Scrubbing dianggap sebagai salah satu cara yang efektif untuk merawat kulit wajah, tubuh, dan kaki agar selalu segar. Apalagi bagi Anda yang berusia 35+. Lalu, bagaimana cara melakukannya dengan tepat?

Kulit mengalami regenerasi terus-menerus yang artinya kulit mengalami penuaan lalu mati, kemudian diganti dengan sel-sel baru. Pada bayi, usia balita, dan anak-anak, sel-sel kulit mati itu akan terkelupas dengan sendirinya. Tetapi pada 30-an, sel-sel kulit mati tidak dapat tumbuh dengan sempurna dan juga tidak dapat mengelupas sendiri. Di sinilah Anda membutuhkan perawatan scrubbing kulit akan bersinar kembali.

Manfaat Scrubbing

Scrubbing adalah pengikisan sel-sel kulit mati lapisan teratas (epidermis). Selain itu, scrubbing kulit kotoran dan minyak (sebum) yang menumpuk. Manfaat lainnya adalah membantu merangsang regenerasi kulit.

Ada dua jenis scrub, yaitu berupa krim atau gel scrub dari bahan alami, seperti kopi, strawberry, serta kelapa dengan butiran yang besar-besar (scrub ini cocok untuk kulit yang tebal). Scrub dari bahan-bahan kimia, butiran-butiran halus, cocok dipakai untuk yang tipis. Sebelum membeli, coba terlebih dahulu agar tidak terjadi iritasi pada kulit.

Jenis-jenis Scrub:
1. Body scrub (untuk tubuh).
2. Facial scrub (untuk wajah).
3. Foot scrub (untuk kaki).

Body Scrub

Digunakan pada seluruh tubuh. Scrub dengan butiran yang kasar, baik digunakan untuk kulit yang tebal seperti lutut, siku, telapak kaki. Scrub dengan butiran halus adalah untuk kulit yang tipis seperti, perut, pangkal paha, dan dada.

Tips:
– Frekuensi perawatan sesuaikan dengan kondisi kulit. Kulit tebal, dua hari sekali, kulit tipis satu minggu sekali.
– Jangan lakukan scrubbing bila ada jerawat di punggung dan dada.
– Pada waktu scrubbing kulit dalam keadaan bersih.
– Lakukan pemijatan untuk memperlunak jaringan kulit luar sehingga dengan mudah sel-sel kulit mati terangkat.
– Setelah melakukan scrubbing jangan mandi dengan air hangat, mandilah dengan air dingin, setelah itu gunakan body lotion.

Facial Scrub

Scrub ini untuk wajah dan leher. Fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi, mengurangi kadar minyak pada kulit yang berminyak. Bagi kulit wajah dan leher Anda yang tergolong tipis kulitnya, sebaiknya gunakan butiran-butiran scrub yang halus.

Tips:
– Agar hasil perawatan lebih baik, sebelum melakukan scrub, gunakanlah terlebih dahulu krim exfoliating atau krim wajah yang mengandung AHA, fungsinya untuk memperlunak epidermis kulit. Sel-sel kulit mati akan lebih mudah terangkat. Gunakan setiap malam paling tidak 7 hari sebelum memakai scrub.
– Gunakan scrub bentuk krim atau gel secukupnya dan gosok perlahan-lahan.
– Jika wajah dan leher berjerawat, tundalah dahulu sampai jerawat hilang.
– Setelah selesai scrubbing, bilas wajah dengan air bersih kemudian kompreslah dengan air es selama 10 menit agar sel-sel kulit baru tampak segar dan lembut. Kemudian oleskan pelembap wajah.
– Gunakan facial scrub sesuai dengan kondisi kulit, kulit berminyak dapat melakukan scrubbing dua kali seminggu. Sedangkan kulit kering atau normal cukup dua minggu sekali.
– Jangan scrubbing di daerah mata dan bibir karena kulit sekitar ini sangat tipis.

Foot Scrub

Kaki pun perlu di-scrub agar kulit kaki yang tebal dan kasar menjadi halus. Lakukanlah dengan pemijatan-pemijatan agar sirkulasi darah lancar dan melembutkan jaringan-jaringan epidermis di telapak kaki.

Tips:
– Sebelum melakukan scrub, bersihkan terlebih dahulu kaki kemudian lakukan pemijatan-pemijatan ringan dengan minyak zaitun.
– Kemudian bubuhkan scrub jika terdapat kulit yang tebal dan sangat keras, gosok dengam foot board atau batu apung sehingga kulit yang keras lebih lunak dan lembut.
– Bilas dengan air hangat dan sikat dengan sabun untuk membersihkam sisa-sisa kulit mati, kemudian keringkan dan gunakan body lotion.
– Foot scrub dapat dilakukan tiga kali seminggu sesuai dengan kondisi kulit. Hindari jika kaki sedang luka.

Model: Ocha & Vesica, Tata Rias Wajah dan Rambut: Wulan (0856-7734010), Pengarah Gaya: Ita Adnan, Foto: Daniel Supriyono/NOVA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s